Jumat, 07 Desember 2007

Global Warming





Kemarin aku dapat komen tentang tulisan aku yang terakhir yang judulnya Listrik dan Air itu. Si Pengomen, kita sebut saja begitu, ada menyinggung masalah global warming, terus aku kepikiran deh, ya akhirnya aku nulis aja sekarang.

Global warming memang merupakan isu terbesar yang melanda dunia. Hampir semua orang dipelosok bumi kita ini tahu tentangnya. Kerusakan alam yang disebabkan karena manusia ini telah membawa dampak merugikan yang terbesar bagi seluruh umat dimuka bumi ini. Pembabatan hutan, efek rumah kaca, limbah industri, polusi udara yang mengandung bahan yang tidak baik untuk kelangsungan hidup semua makhluk merupakan penyebab terjadinya semua ini.

Dari sebuah situs, aku membaca bahwa penyebab terbesar dari global warming ini adalah efek rumah kaca. Yah kita lihat aja di Indonesia sekarang, apalagi dikota-kota besar seperti Jakarta dan lainnya. Banyak sekali terdapat bangunan-bangunan yang tingginya melebihi Monas dan hampir seluruh kontur luarnya terdiri dari kaca atau fiber glass. Dengan dalih macam-macam mereka men judge bahwa bangunan mereka itu tidak akan menambah tingkat pemanasan global seperti rumah-rumah kaca lainnya. Tapi menurut aku, apapun bahannya selama sifatnya memantulkan cahaya tetap saja akan mendatangkan efek seperti rumah kaca lainnya.

Terkadang aku sendiri heran kenapa manusia tidak pernah menyayangi pemberian dari Tuhannya, seandainya Tuhan murka dan menghancurkan dunia ini, apa daya kita sebagai manusia? Kalau sudah seperti itu baru kita akan sadar betapa berharganya alam kita ini.

Aku salut dan memberikan dukungan besar kepada organisasi-organisasi yang memperjuangkan nasib tanaman dan hewan serta semua makhluk hidup yang habitatnya mengalami kerusakan akibat global warming ini, apalagi yang terancam punah. Organisasi-organisasi seperti Greenpeace, WALHI,WWF ini seharusnya mendapat dukungan penuh dari kita semua. Kalau kita merasa tidak sanggup, ya kita wakilkan pada mereka untuk memperjuangkan nasib bumi kita ini. Siapa tahu mereka berhasil mengambalikan bumi kita menjadi hijau kembali.

Dengan tulisan ini aku ingin memberitahu kepada teman-teman semua, siapa tahu nanti ada yang mau membangun perusahaan atau bekerja dibidang konstruksi atau lainnya yang berhubungan dengan segala kegiatan yang akan melibatkan alam dan kira-kira merugikan, supaya berpikir dahulu sebelum bertindak. Ingat hutan kita, ingat satwa kita, ingat beruang kutub yang habitatnya sudah mulai mencair, dan yang pasti ingat Bumi kita tercinta ini!!!
Apa jadinya kalau bumi kita hancur ditangan kita sendiri? Sama saja membunuh masa depan anak cucu kita nanti,,,,(Ya kan?)

2 komentar:

uazeen mengatakan...

sebenarnya untuk mengurangi dampak global warming tidak perlu menunggu untuk punya perusahaan dulu ;) , banyak hal2 kecil yang sering kita anggap sepele namun kalau semua orang juga nglakuin yang sama dampaknya akan besar juga, salah satu contoh kecilnya adalah mengurangi sampah yang dihasilkan kita, mengurangi pemakaian kantong plastik, memprioritaskan untuk memakai kendaraan umum, dan masih banyak lagi yang lainnya. oke salam kenal dan selamat berkarya

rZ mengatakan...

permisi.....pengomen mo numpang ngomen....
iya, memang dunia ini makin rusak oleh tangan manusia sendiri. oelh karenanya, kesadaran utk membuat dunia ini menjadi tempat yg nyaman utk disinggahi (krn kita kan ntar jg bakalan ninggalin dunia fana ini...)merupakan awal yg baik utk segera memulainya dr diri sendiri. gunakan sepeda utk bepergian, pisahkan sampah organik&non-organik lalu buang sampah pd tempatnya, dll.
hal kecil yg kita lakukan akan menjadi besar dampaknya bila selalu kita lakukan secara teratur.
sekian dan terima kasih telah membaca komen ini....