Rabu, 18 Mei 2011

TEACHERHOOD


Mencoba menjadi seorang guru.

Itulah yang kujalani sekarang ini. Mengapa aku sebut mencoba? Coz i realize, sampai saat ini aku masih mencoba menjadi seorang guru yang cocok, kompeten, sesuai, dan terbaik untuk siswa-siswaku. Dan aku sadar akan kekuranganku yang masih amat sangat banyak dalam mendidik dan mengajar mereka. Kalau boleh berkilah, aku akan berlindung pada fakta bahwa pengalamanku dalam hal ini memang masih baru. Masa kerjaku yang baru terhitung 1tahun 2bulan kukira dapat menjadi pembelaan bagi kekuranganku ini.

Tapi, dari lubuk hati yang terdalam aku selalu berniat dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

Satu hal yang kupelajari dari profesi ini adalah bahwa ternyata banyak sekali permasalahan yang dibawa tiap siswa ke dalam lingkungan sekolah. Dan sebagai guru tentunya sudah mnjadi tugas kami untuk membantu mereka mencari jalan keluar dari semua permasalahn yang ada agar nantinya hal tersebut tidak menganggu proses pembelajaran mereka.

Kita tidak bisa mengibaratkan mereka layaknya daun dipohon, apabila salah satu daunnya kuning, layu, atau terkena hama tinggal potong saja biar yang lain tidak ikut layu. Kalau seperti ini yang kita lakukan maka apa bedanya guru dengan masyarakat awam yang tidak mengenal hakikat pendidikan, yang tahunya hanya menilai orang dari luarnya saja. Menilai orang dari permasalah yang mereka bawa dan perbuat lalu menghakimi mereka tanpa mau bersusah payah mencari penyebab terjadinya hal itu.

Hendaknya kita memperlakukan mereka seperti salah satu anggota tubuh kita, apabila ada yang terluka atau sakit kita akan segera mengobatinya karena kita tidak ingin salah satu anggota tubuh kita itu cacat apalagi sampai harus diamputasi.

Setiap anak memang dilahirkan dengan jalan hidup yang berbeda dan lingkungan yang berbeda pula. Sudah pasti sifat dan kelalkuannya pun berbeda. Kita sebagai guru dituntut harus mampu menghadapi dan menjembatani semua perbedaan tersebut. Karena kalau bukan kita yang membantu mereka, SIAPA LAGI????

Semoga tulisan ini bermanfaat terutama untuk diriku sendiri dan semua rekan guru yang tanpa sengaja membaca tulisan ini.

2 komentar:

syamsuri12 mengatakan...

selamatpagi cik gu... mantap blognya....

I am a Teacher mengatakan...

makasih ya komennya.
sering-sering aja mampir..